Rabu, 23 Januari 2008

Futsal Invasion

Jatinangor kini makin memanjakan para penghuninya yang sebagian besar adalah mahasiswa, khususnya dalam hal sarana hiburan. Setelah munculnya bioskop di Jatinangor Town Square, kini fasilitas olah raga sekaligus hiburan, yaitu tempat penyewaan lapangan futsal makin banyak muncul di wilayah ini.

Booming olah raga futsal (Football Asal) tidak hanya terjadi di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta, tetapi juga merambah Jatinangor. Demam main futsal ini sebenarnya berawal dari banyaknya mahsiswa di Jatinangor yang sering bermain futsal dan mengadakan pertandingan atau kompetisi futsal. Lama-kelamaan karena olah raga ini makin populer di Indonesia dan di Jatinangor khususnya, serta makin banyak peminatnya, maka beberapa orang di Jatinangor pun melihat hal ini sebagai peluang bisnis yang cukup menggoda.

Sampai sekarang sudah ada tiga buah tempat futsal umum yang ada di Jatinangor. Satu yang terbaru adalah Ciseke Futsal yang berada di gang H. Nena Sayang, RT. 04 RW. 04. Futsal Ciseke ini adalah tempat futsal ketiga yang dibuka di Jatinangor, setelah sebelumnya ada Jatos Futsal di Jatinangor Town Square, dan X°Celcius di Cibeusi.

Adanya ketiga tempat futsal yang dibuka untuk umum ini tentu saja menjadi angin segar bagi para penggemar futsal. Harga yang ditawarkan oleh ketiga tempat ini pun cukup ramah di kantong mahasiswa yang merupakan konsumen utama. Harga yang ditawarkan berkisar antara tiga puluh ribu hingga seratus tiga puluh ribu rupiah, tergantung pada pilihan kita. Makin tinggi harga, makin tinggi kualitas dan fasilitas lapangan futsal yang kita sewa.

Di X°Celcius misalanya, kita bisa memilih ingin menggunakan lapangan semen keras atau lapangan dari rumput sintetis. Harga yang di tawarkan pun tentu saja berbeda. Untuk lapangan semen keras pihak pengelola menetapkan harga flat Rp 75.000 perjam. Sedangkan untuk rumput sintetis, dari pukul 07.00-19.00 harga Rp 100.000 per jam, dan dari pukul 13.00-22.00 pada hari kerja RP 120.000 per jam dan pada akhir minggu harga naik menjadi Rp 130.000.

Lapangan-lapangan futsal ini biasanya mulai buka dari pagi hari hingga malam hari. Dan makin malam, harga yang ditawarkan pun makin tinggi. Hal ini, menurut Ijul, salah seorang pegawai Jatos Futsal, disebabkan oleh lebih banyaknya pelanggan yang memilih untuk bermain di malam hari karena tidak terganggu oleh waktu kuliah atau pun waktu kerja.

Ijul juga mengatakan bahwa yang bermain futsal di sana bukan hanya dari kalangan mahasiswa tetapi juga warga setempat, dari mulai siswa SMP, siswa SMA hingga bapak-bapak.

Saat ditanya mengenai berapa banyak yang menyewa lapangan futsal tersebut, Ijul mengaku bahwa sekarang jumlah penyewanya sudah menurun karena sudah banyak saingan tempat futsal lainnya. “Padahal sebelum ada tempat futsal lain, yang main bisa terus-menerus bahkan sampai antri”, ucap Ijul.

Sekarang bagi Anda yang berdomisili di Jatinangor dan memang gemar bermain futsal, Anda tidak usah susah-susah lagi mencari lapangan futsal ke Bandung untuk memuaskan hobi Anda tersebut. Anda tinggal berkumpul dengan teman Anda dan memilih tempat futsal mana yang kira-kira cocok dengan kantong dan selera Anda. Jadi selamat mencoba!



Aisha Ria Ginanti (210110060177)



Tidak ada komentar: